Penyebab Wasir yang Perlu Kita Ketahui

Wasir atau wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah yang terjadi di ujung usus besar atau anus. Wasir biasanya menyebabkan rasa sakit yang mengganggu yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.
cara mengobati wasir dengan bawang putih
Namun, apakah Anda tahu penyebab umum wasir? Berikut ini adalah informasi lengkap.
1. Duduk terlalu lama Saat duduk terlalu lama, pembuluh darah di sekitar anus akan terisi darah. Inilah yang menyebabkan seseorang secara tidak sadar mengalami wasir. Aliran darah yang konstan akan menekan dinding pembuluh darah agar membesar dan memberi kesan wasir.
2. Mengangkat benda berat
Mengangkat benda berat berulang kali atau terus-menerus sebenarnya dapat membuat wasir muncul. Ini karena mengangkat benda berat dapat membuat penumpukan tekanan di anus. Sehingga kondisi ini mempengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah membengkak di sekitar anus.
3. Kehamilan Sebagai tempat perkembangan janin, rahim akan tumbuh ketika kehamilan berlanjut. Tekanan dalam rahim adalah salah satu pemicu timbulnya wasir dan juga dapat menyebabkan benjolan di daerah anus.
4. Sembelit Ketika sembelit terjadi, kotoran yang akan dilepaskan akan mengeras sehingga membutuhkan lebih banyak energi dan upaya untuk mendorong. Akibatnya, tekanan hebat justru mengaktifkan wasir yang bengkak di sekitar anus.
5. Kurangnya makanan berserat Makan makanan berserat sebenarnya mampu memfasilitasi sistem pencernaan tubuh. Sebaliknya, ketika tubuh kekurangan salah satu zat penting dalam metabolisme, sistem pencernaan akan terhambat. Hasilnya adalah penyakit yang tidak diinginkan seperti wasir.
6. Seks anal Seks anal adalah upaya untuk memuaskan fantasi seksual dengan melakukan hubungan seks anal. Sayangnya, aktivitas seksual ini dapat meningkatkan risiko wasir.
7. Faktor usia
Kondisi tubuh yang menua tampaknya sangat berpengaruh bagi kesehatan. Bahkan, ketika tubuh menua, jaringan pembuluh darah di sekitar anus menjadi lemah dan memanjang. Jadi dalam kondisi ini akan sangat sensitif terhadap pembengkakan dan wasir akan muncul.